//
you're reading...
Uncategorized

Manasik umrah (tatacara pelaksanaan ibadah umrah)

بسم الله الرحمن الرحيم

RINGKASAN MANASIK UMRAH

RUKUN UMRAH 1. Ihram 2. Thawaf 3. Sa’i 4. Bercukur
NO RUKUN HAL-HAL YANG DILAKUKAN
1 Ihram a. Mandi
b. Mengenakan wewangian
c. Memakai pakaian ihram (laki-laki sarung dan selendang, perempuan memakai apa saja dengan syarat tidak bersolek, tidak memakai cadar dan sarung tangan)
d. Shalat wajib (apabila waktu shalat) atau shalat sunnah wudhu’
e. Memulai ihram dengan membaca:“Labbaikallahumma labbaik, Labbaikalaa syariikalaka labbaik, Innal hamda wanni’mata laka wal mulk, Laa syariikalak.” (laki-laki mengeraskan suara dan wanita melirihkannya)
f. Terus menerus membaca bacaan dan berhenti ketika akan thawaf.
2 Thawaf a. Berhenti dari talbiyah dan masuk ke Masjidil Haram dengan mendahulukan kaki kanan lalu langsung menuju hajar aswad.
b. Memulai thawaf dari hajar aswad dan membaca: “Allahu Akbar.”

- Apabila mampu disunnahkan menyentuhnya dengan tangan kanan dan menciumnya.

- Dan apabila tidak sanggup menciumnya, maka cukup menyentuhnya kemudian mencium tangannya.

- Dan apabila tidak sanggup menyentuhnya, maka cukup dengan memberi isyarat dari jauh tanpa mencium tangannya.b. Kemudian berputar mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh putaran. Dan membaca apa saja dari ayat Al Qur’an atau doa atau dzikir.c. Antara hajar aswad dan rukun yamani membaca: “Rabbanaa aatina fid-dunia hasanah wafil aakhirati hasanah waqinaa adzaabannaar.”d. Ketika sampai di rukun yamani disunnahkan untuk menyentuhnya (bagi yang mampu) dan tidak perlu memberi isyarat apabila tidak sanggup menyentuhnya.e. Dan apabila sampai di hajar aswad kembali melakukan seperti yang dilakukan pada saat memulai thawaf.f. Bagi laki-laki thawaf dengan idhthiba’ pada tujuh putaran thawaf dan ramlpada tiga putaran pertama.

Idhthiba’ adalah membuka bahu kanan dan meletakkan pertengahan selendangnya di bawah ketika kirinya dan kedua ujung selendangnya di atas bahu kirinya.

Ramladalah berjalan cepat dengan langkah yang rapat.g. Mengakhiri thawaf di hajar aswad tanpa melakukan seperti ketika memulai thawaf.h. Menuju maqam ibrahim sambil membaca: “Wat-takhidzuu mim-maqaami ibraahima mushallaa.”i. Shalat dua rakaat di belakang maqam apabila memungkinkan dan membaca Al Kafirun setelah Al Fatihah pada rakaat pertama dan Al Ikhlas.j. Kembali ke hajar aswad dan menyentuhnya apabila memungkinkan dan apabila tidak maka tidak perlu memberi isyarat kepadanya.k. Kemudian menuju ke arah Shafa untuk melakukan sa’i.   3.Sa’ia. Apabila mendekat ke Shafa membaca: Innas-shaafaa wal marwata min sya’aa’irillaah.”b. Naik ke bukit Shafa dan menghadap kiblat dan berdoa dengan doa apa saja. Dan disunnahkan berdoa dengan doa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam: Laa ilaaha illalaahu wahdah laa syariikalah lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syay’in qadiir. Laa ilaaha illallaah wahdah anjaza wa’dah wa nashara abdah wahazamal ahzaaba wahdah.” Sebanyak tiga kali dan berdoa diantaranya.c. Turun dari bukit Shafa dan berjalan sampai tanda hijau.d. Berlari dengan cepat sampai tanda hijau berikutnya.e. Berjalan kembali hingga sampai Marwah.f. Naik ke bukit Marwah dan menghadap kiblat dan membaca seperti yang dibaca di bukit Shafa.g. Turun dari bukit Marwah dan berjalan sampai tanda hijau.h. Berlari dengan cepat sampai tanda hijau berikutnya.i. Berjalan kembali hingga Shafa dan melakukan seperti yang dilakukan pertama kali.j. Membaca ayat, doa dan dzikir apa saja pada selain tempat-tempat yang disebutkan.k. Sa’i sebanyak tujuh putaran. Dimulai dari Shafa dan berakhir di Marwah. Shafa ke Marwah satu putaran, Marwah ke Shafa satu putaran dan seterusnya.   4BercukurApabila selesai dari sa’i laki-laki mencukur rambutnya sampai habis atau memendekkannya. Adapun wanita cukup memendekkannya saja dengan cara memotong dari setiap gumpalan sebagiannya.

Dengan bercukur maka selesailah ibadah umrah dan halal baginya mahdzuraatul ihramyaitu: apa-apa yang tidak boleh dilakukan seseorang ketika ihram.

About these ads

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

April 2011
S S R K J S M
« Mei   Mei »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Blog Stats

  • 4,631 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: